葛の葉のコーナー|Third Info: Perang Sekigahara

Artikel BoS 2

Pertempuran Sekigahara adalah pertempuran yang terjadi tanggal 21 Oktober 1600 menurut kalender Gregorian di Sekigahara, distrik Fuwa, Provinsi Mino, Jepang. Pertempuran ini melibatkan pihak yang dipimpin Samurai legendaris Tokugawa Ieyasu melawan pihak Ishida Mitsunari sehubungan perebutan kekuasaan sesudah wafatnya Toyotomi Hideyoshi. Pihak yang terlibat dalam pertempuran ini terbagi menjadi kubu Tokugawa (Pasukan Timur) dan kubu pendukung klan Toyotomi (Pasukan Barat).

Tokugawa Ieyasu berusaha membongkar rencana pemberontakan yang akan dilakukan Ishida Mitsunari dengan cara berpura pura menyerang penguasa Aizu yang dituduh melakukan pemerkuatan diri dengan cara militer. Ieyasu yang berangkat ke Aizu, dimanfaatkan Ishida Mitsunari kembali berkelompok dengan Ōtani Yoshitsugu, dan yang lainnya. Kelompok Mitsunari mendapat dukungan militer dari pasukan Mōri Terumoto yang bersama-sama membentuk Pasukan Barat.

Sadar dengan pergerakan militer yang dilakukan Mitsunari, pasukan Ieyasu kemudian menuju ke arah barat untuk kembali ke Kyoto. Basis-basis kekuatan militer Tokugawa seperti Istana Tanabe, secara berturut-turut semuanya berhasil direbut pasukan Mitsunari. Tokugawa Ieyasu memancing Ishida Mitsunari dan pimpinan Pasukan Barat untuk menuju Sekigahara.

Pasca pertampuran Sekigahara, pimpinan pasukan Barat termasuk Ishida Mitsunari tertangkap oleh pasukan Timur pada 21 September 1600. Disusul oleh Konishi Yukinaga pada 19 September 1600 dan Ankokujii Ekei pada 23 September 1600. Mereka lalu diarak mengelilingi Osaka dan Sakai. Mereka lalu dihukum mati di Rokujogawara, pinggir Sungai Kamo, Kyoto.

Toyotomi Hideyori, pewaris sah dari Toyotomi Hideyoshi, yang seharusnya menjadi penguasa Jepang menjadi makin tersisih posisinya. Tokugawa Ieyasu lantas hanya memberikan jabatan setingkat daimyo kepada Toyotomi Hideyori.

Pada tahun 1603, Tokugawa Ieyasu diangkat menjadi pemimpin besar militer bergelar Seitaishogun. Dia pun menguasai seluruh Jepang di bawah Keshogunan Tokugawa dengan pusat kekuasaannya di Kota Edo, Tokyo.

Apa kalian semua sudah mulai mengerti mengenai dunia petualangan yang akan kalian hadapi? Semakin banyak informasi yang kalian dapat, semakin memudahkan petualangan kalian juga. Kuzunoha akan memberikan kalian semua informasi terbaru lagi pada waktu selanjutnya! Jika kalian masih penasaran, kalian bisa mencari tahu lebih lanjut 😀
Sumber:
https://www.kaskus.co.id/thread/515bbad61b7608295e000000/perang-besar-di-zaman-samurai-pertempuran-sekigahara/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Sekigahara
http://wartasejarah.blogspot.co.id/2018/01/peristiwa-perang-sekigahara-1600-di.html
———-

A journey like never before. Check out our other social medias!

Line : @fvq3385o [use @ sign]
Twitter : @inori_nk3
Facebook : INORI – Isshoni no Monogatari
Instagram : @inori_nk3
Website : https://nk3bdg.wordpress.com
YT: Nihongo Kurabu 3

#INORI2018
#TokiAkasareruRekishi
#INORI2018_KuzunohaCorner
#Ganbaretsugo


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s