葛の葉のコーナー|Fifth Info: Date Masamune

Date Masamune (伊達 政宗?) (lahir 5 September 1567 – meninggal 27 Juni 1636 pada umur 68 tahun) adalah samurai Jepang dari periode Azuchi-Momoyama dan awal periode Edo. Ia mendirikan kota Sendai. Masamune merupakan ahli taktik yang baik. Dia menjadi lebih ikonik karena matanya yang hilang sehingga Masamune sering disebut dokuganryū (独眼 竜), atau “Naga Mata Satu dari Ōshu”

Masamune lebih sering dikenal daripada Daimyo lainnya, hal ini karena dia memakai helm perang dengan hiasan bulan sabit yang menandakan keganasan dan kekejamannya.

Klan Date telah membangun aliansi dengan klan tetangga dengan cara menikahkan keluarganya dengan keluarga lain. Setelah Masamune diganti, salah satu pelayannya bernama Odachi Sadatsuna mengkhianati klan dan bergabung dengan klan Ashina di Aizu. Masamune akhirnya mendeklarasikan perang terhadap Ashina, tetapi pasukannya berhasil dihentikan oleh jendral Ashina yg bernama Iwashiro Morikuni, yang menyebabkan pasukan Masamune mundur ke Istana Obama.

Setelah mengalahkan Ashina di tahun 1589, dia menjadikan Aizu sebagai markas utama dalam menjalankan operasinya. Hubungan antara ibunya dengan dia semakin buruk. Ibunya ingin Masamune untuk segera diganti dengan anak keduanya bernama Kojiro. Suatu ketika saudaranya ini berusaha memberikan racun kepada Masamune, hal ini diketahui oleh Masamune dan segera membunuh saudaranya itu dan akhirnya Ibunya melarikan diri ke klan Mogami untuk berlindung.

Di tahun 1590, Toyotomi Hideyoshi menguasai Istana Odawara dan memaksa Daimyo Tohoku untuk ikut berperang, walaupun Masamune pada awalnya menolak ajakan Hideyoshi, dia tidak bisa menolak bahwa Hideyoshi ditakdirkan untuk memimpin Jepang.

Setelah mengabdi beberapa waktu dengan Hideyoshi, dia mendapatkan Istana Iwatesawa yang merupakan hadiah dari Hideyoshi beserta tanah di sekitarnya. Masamune pindah ke Istana itu pada tahun 1591 dan membangun kembali istana tersebut juga mengganti namanya menjadi Iwadeyama. Masamune tinggal di Iwadeyama selama 13 tahun dan menjadikan Iwadeyama menjadi pusat ekonomi dan politik. Setelah kematian Hideyoshi dia mengabdi kepada Tokugawa (saran oleh Katakura Kojuuruo). Tokugawa Ieyasu menghadiahkan Masamune daerah Sendai yang menjadikan Masamune Daimyo terkuat di Jepang.

Di tahun 1604 Masamune pindah ke Sendai dan meninggalkan anak ke-empatnya yang bernama Date Muneyashu untuk memerintah Iwadeyama. Masamune ingin menjadikan Sendai lebih makmur lagi dari sebelumnya. Walaupun Masamune menguasai seni berperang dan mempunyai hubungan baik dengan pihak asing, dia juga merupakan daimyo yg ambisius dan agresif. Pertama kali memerintah klan Date, dia sering mengalami kekalahan karena kelakuan dia sendiri.

Sekian untuk informasi dari ini! 😁 Apakah kalian sudah lebih mengenal orang-orang yang akan menemani perjalanan kalian, traveler? Kalau masih penasaran, kalian bisa mencari tahu lebih lanjut! 😁

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Date_Masamune

———-

A journey like never before. Check out our other social medias!

Line : @fvq3385o [use @ sign]
Twitter : @inori_nk3
Facebook : INORI – Isshoni no Monogatari
Instagram : @inori_nk3
Website : https://nk3bdg.wordpress.com
YT: Nihongo Kurabu 3

#INORI2018
#TokiAkasareruRekishi
#INORI2018_KuzunohaCorner
#Ganbaretsugo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s