葛の葉のコーナー|Sixth Info: Onmyouji

Onmyōji (陰陽師, juga In’yōji) adalah salah satu klasifikasi pegawai negeri milik Biro Onmyō dalam sistem ritsuryo Jepang kuno. Orang-orang dengan gelar ini adalah praktisi profesional onmyōdō.
Onmyōji adalah spesialis sihir dan ramalan. Tanggung jawab pengadilan mereka berkisar dari tugas-tugas seperti melacak kalender, hingga tugas mistis seperti ramalan dan perlindungan ibu kota dari roh jahat. Mereka bisa memiliki pengaruh yang baik atau berbahaya di bumi, dan berperan dalam pergerakan ibukota.
Dikatakan bahwa onmyōji juga bisa memanggil dan mengendalikan shikigami. Shikigami adalah makhluk sulap, dihidupkan melalui upacara sulap yang rumit. Kekuatan mereka terhubung dengan kekuatan spiritual dari tuan mereka, di mana jika si pemeran diperkenalkan dengan baik dan memiliki banyak pengalaman, shiki mereka dapat memiliki hewan dan bahkan orang-orang dan memanipulasinya, tetapi jika si pemanggil ceroboh, shikigami mereka mungkin keluar dari mengontrol waktu, mendapatkan kemauan dan kesadarannya sendiri, dan bahkan dapat menyerang tuannya sendiri dan membunuh mereka sebagai pembalasan. Biasanya shikigami disihir untuk menjalankan perintah berisiko untuk tuan mereka, seperti memata-matai, mencuri dan melacak musuh. Shikigami dikatakan tidak terlihat sebagian besar waktu, tetapi mereka dapat dibuat terlihat dengan mengikatnya menjadi kertas kecil, terlipat dan berseni. Ada juga shikigami yang bisa menunjukkan diri sebagai binatang atau burung
Selama berabad-abad, berbagai seni dan praktik onmyodo berangsur-angsur menjadi terserap ke dalam tradisi Shinto dan Buddha, dan juga ke dalam disiplin Shugenja, dan kelompok pertapa lainnya. Dengan demikian, dalam banyak anime dan manga, miko (gadis kuil) ditampilkan karena mengetahui cara memanggil dan mengontrol shikigami.
Beberapa Onmyoji terkenal termasuk Kamo no Yasunori dan Abe no Seimei (921–1005). Onmyoji yang paling terkenal adalah Abe no Seimei, yang secara kasar mirip dengan legenda Merlin of Arthurian. Seperti Merlin, dikatakan bahwa dia tidak sepenuhnya manusia. Abe no Seimei adalah seorang tokoh sejarah yang didokumentasikan yang hidup dari sekitar 921 CE hingga sekitar 1005 M, pertengahan Periode Heian. Kuil yang didedikasikan untuknya dibangun di Kyoto segera setelah kematiannya, dan masih ada sampai sekarang.
Onmyōji memiliki pengaruh politik selama periode Heian, tetapi di kemudian hari ketika istana kekaisaran jatuh ke dalam kemunduran, patronase negara mereka hilang sepenuhnya. Di Jepang modern onmyōji didefinisikan sebagai jenis imam, dan meskipun ada banyak yang mengaku sebagai medium dan spiritualis, onmyōji terus menjadi sosok okultisme.
Pada era modern onmyouji sering di perlihatkan sebagai pengusir setan dan makhluk gaib lainnya, namun sebenarnya mereka lebih memiliki peran sebagai pendeta dan pemimpin keagamaan dan spiritualisme.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s